Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Melalui htaccess

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Melalui htaccess

Bagi kalian yang sudah mengenal website sejak lama pasti sudah pernah mengalami domain web di blokir oleh beberapa sosial media seperti facebook atau dikarenakan maslah lainnya.

Masalah di atas mengharuskan kalian untuk mengganti nama domain kalian, pada tutorial kali ini saya akan memberikan tips cara redirect domain lama ke domain baru melalui htacces agar tidak kehilangan pengunjung dari domain yang lama.

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Melalui htacces

Untuk cara redirect di htacces terdapat beberapa pilihan yang bisa kalian terapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Mengarahkan semua halaman domain lama ke domain baru

Untuk mengarahkan semua domain lama, maka yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan nama .htaccess pada direktori web dan tambahkan juga sebuah file index.

Slanjutnya buat file baru dengan nama .htaccess, Permision untuk halaman ini adalah 644. Tetapi, jika kalian menggunakan WordPress maka kamu tidak perlu lagi membuat file .htaccess baru lagi karena sudah tersedia tinggal edit seperti contoh di bawah ini.


RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} domainlama.com
RewriteRule ^(.*) https://domainbaru.com/ [R=301,L]

Ganti domainlama.com dengan alamat website yang lama dan domainbaru.com ganti dengan alamat website yang baru kemudian klik save.

Mengarahkan semua halaman domain lama ke 1 halaman domain baru

Untuk redirect yang kedua ini biasanya dipakai jika kalian akan memberikan pesan pada pengunjung di domain lama bahwa sekarang website telah berganti domain baru.

Untuk menampilkan pesan tersebut maka harus diarahkan pada satu halaman domain baru yang akan menampilkan pesan tersebut. Karena jika kalian menggunakan cara yang pertama maka hanya akan mengarah pada halaman home saja.

Berikut adalah kode htaccesnya.


RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} domainlama.com$
RewriteRule ^(.*) https://domain.com/pesan [R=301,L]

Ganti domainlama.com dengan alamat website yang lama dan ddomain.com/pesan ganti dengan halaman website yang akan digunakan untuk menamppilkan pesan kemudian klik save.

Mengarahkan semua halaman dari domain lama ke domain baru sesuai halaman

Untuk cara yang ketiga paling sering saya gunakan, redirect ini berlaku untuk kalian yang hanya mengubah nama domainnya saja, dan untuk URL postingan, halaman dan lainnya masih sama.

Berikut adalah kode htaccesnya.


RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST}domainlama.com$
RewriteRule ^(.*) https://domainbaru.com/$1 [R=301,L]

Ganti domainlama.com dengan alamat website yang lama dan domainbaru.com ganti dengan alamat website yang baru untuk meredirect halaman yang sama kemudian klik save.

Mengarahkan domain lama ke domain baru hanya homepage

Untuk redirect domain lama ke domain baru yang keempat yaitu dengan mengarahkan domain lama ke domain baru namun hanya pada halaman home saja. Kodenya sama seperti cara pertama tinggal menghapus tanda dolarnya.

Berikut adalah kode htaccesnya.


RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} domainlama.com
RewriteRule ^(.*) http://domainbaru.com/ [R=301,L]

Dengan demikian maka pengunjung hanya akan diarahkan pada halaman home doman baru, untuk halaman lain di domain lama masih tetap dapat diakses.

Itulah beberapa cara untuk redirect domain lama ke domain baru menggunakan file htacces, jika kalian ada kesulitan atau masalah saat menerapkan kode di atas silah tuliskan di kolom komentar di bawah.

About the author: Adik Tekno

Seorang web developer yang sedang belajar untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *